Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menjawab Soal Pilihan Ganda

Ini tips buat milih jawaban soal yg berbentuk pilihan ganda. Sebenernya kalo dipikir-pikir sih ini nggak mutu ya, tp kalo emg udah buntet tett mikirnya mungkin cara ini bisa berguna wkwk.
Oiya harap diingat bahwa untuk menerapkan cara ini cara berfikir kita harus terlepas dari pelajaran dan hanya mengandalkan feeling serta hoki :-)




1. Pilih Jawaban Yang Tepat

Cara pertama ini cara yg tulen alias asli alias bener. Memang seharusnya cara ini yg digunakan oleh yg nggarap soal. Belajar yg bener, paham betul, jadi saat nggarap tu emg bener-bener bisa memilih jawaban yg tepat. Tapi kalo mata pelajarannya itu hafalan dan kita bener-bener lupa mau gimana coba? Nyontek? Jangan, tetep utamakan kejujuran :-)

2. Dinalar #1

Inti dari cara ini yaitu pilih jawaban yang paling tepat.
Hampir mirip dengan cara 1, tapi kalo yg ini kita liat satu per satu jawaban yg ada di pilihan, terus pilih yg paling tepat.. Kalo di pilihan ada kata yg aneh atau kurang masuk akal, langsung 'hapus' dari pilihan. Sampe ntar tersisa satu yg paling masuk akal berarti itu yg paling tepat :-)

3. Dinalar #2

Inti dari cara ini tu....dinalar
Kalo cara yg ini berlaku buat pelajaran PKn dan Pendidikan Agama. Kadang pilihan jawaban pada soal tu sangat mendukung untuk dinalar. Contoh soalnya gini nih:

Berikut ini yang tidak termasuk adab makan dan minum yang sesuai tuntunan ajaran Islam adalah...

     a. berdoa sebelum dan sesudah makan
     b. makan dan mium sambil duduk
     c. mengunyah makanan sambil tertawa
     d. makan dengan menggunakan tangan kanan

Nah kalo pilihan jawaban semacam itu...tanpa belajar serius tentang bab adab makan dan minum udah jelas keliatan jawabannya yg mana kan?


4. Dinalar #3

Cara ini untuk soal yg jenisnya kaya gini:
 1. ABCDE
 2. EFGHI
 3. JKLMN
 4. OPQRS
 5. TUVWX
 6. QWERTY
Dari data di atas, yg termasuk .................. adalah....
     a. 1 dan 4
     b. 2 dan 3
     c. 2 dan 4
     d. 5 dan 6

Kalo aku dapet soal kaya gitu, aku bakal milih jawaban C. Kenapa? Sekarang gini:

 - Angka 1 muncul di 1 pilihan; hanya A.
 - Angka 2 muncul di 2 pilihan; B dan C.
 - Angka 3 muncul di 1 pilihan; hanya B.
 - Angka 4 muncul di 2 pilihan; A dan C.
 - Angka 5 muncul di 1 pilihan; hanya D.
 - Angka 6 muncul di 1 pilihan; hanya D.
Nah kalo dinalar yaa, angka yg ada di banyak pilihan itu biasanya jawabannya, makanya dikasih di banyak pilihan gitu. Nah kalo diliat dari pilhan di atas, angka paling banyak keluar tu cuma di 2 pilihan jawaban. Berarti kemungkinan besar yg ada angka 1, 5, dan 6 coret. Berarti kemungkinan besar 2 dan 4. Kenapa nggak 2 dan 3? Lha 3nya cuma muncul sekali kok huehehe :-p

5. Dinalar #4

Kalo cara ini, kebalikannya "Dinalar #3"
Cara ini untuk soal yg jenisnya kaya gini:

 1. ABCDE
 2. EFGHI
 3. JKLMN
 4. OPQRS
 5. TUVWX
 6. QWERTY
Dari data di atas, yg termasuk .................. adalah....
     a. 1 dan 4
     b. 2 dan 3
     c. 2 dan 4
     d. 5 dan 6

Kalo pake cara ini, aku bakal milih jawaban D. Kenapa? Sekarang gini:

 - Angka 1 muncul di 1 pilihan; hanya A.
 - Angka 2 muncul di 2 pilihan; B dan C.
 - Angka 3 muncul di 1 pilihan; hanya B.
 - Angka 4 muncul di 2 pilihan; A dan C.
 - Angka 5 muncul di 1 pilihan; hanya D.
 - Angka 6 muncul di 1 pilihan; hanya D.
Kadang ada guru (atau siapa aja pembuat soal, justru yg merupakan jawaban itu dikeluarin dalam pilihan jawaban paling dikit). Dalam hal ini, berarti yg paling masuk akal ya 5 dan 6 ._. Nah masalah bakal pake cara ini atau sebaliknya, itu tinggal pinter-pinteran nebak karakter guru si pembuat soal wkwk

6. Ngitung Jumlah Jawaban

Ada sumber mengatakan, biasanya kalo guru bikin soal untuk ujian tu jumlah jawabannya dibikin seimbang -atau kurang-lebih hampir seimbang. Misalnyaa jumlah soal ada 50 butir, kemungkinan masing-masing jawaban jumlahnya ada yg 12 butir ada yg 13 butir. Jadi seandainya kita berada dalam posisi kurang njawab 5 soal, dan misalnya A = 11, B = 10, C = 10, D = 12, berarti bisa jadi kemungkinannya kaya gini:
Jawaban yg kurang itu A = 1, B = 2, dan C = 2. Nah kalo misalnya ada 1  pilihan jawaban yg kebanyakan dan 1 pilihan jawaban yg kekurangan (misalnya A = 15 sedangkan yg lain ada yg jauh di bawahnya), berarti mungkin ada jawaban yg kita jawab A yg salah... Nah kalo udah tau gitu tinggal dicoba-coba aja jawaban A yg bisa diganti yg mana, ditebak-tebak juga bisa :-p

7. Cap Cip Cup #1

Capcipcup mah semua orang tau ya... Tp kalo menurutku capcipcup ini kurang masuk akal, karna kalo kita pake sebuah lagu atau apapun itu yg digunakan untuk capcipcup, dan lagunya itu tetep (konstan dan sama terus), berarti kan semua jawaban yg kita capcipcup hasilnya akan sama.. Kecuali kalo kita mulainya dari huruf yg berbeda. Tp kalo gitu kan kita sama aja udah tau bakal njawab yg mana, sama aja ngawur dong....

8. Cap Cip Cup #2

Nah kalo capcipcup yg ini menggunakan suku kata soal sebagai lagu capcipcupnya =))
Tapi agak lebih masuk akal sih, karna kan jumlah suku kata per soal beda. Misalnya soalnya gini:

Berikut ini yg merupakan hukum permintaan adalah....

Ber-i-kut i-ni yang me-ru-pa-kan hu-kum per-min-ta-an a-da-lah....

Nah masalah mulai dari huruf apa dan urutan capcipcupnya gimana itu terserah hati masing-masing :-)

Sekian, silakan kalo mau diterapkan.... Harap disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita / Budaya / Perlu anda ketahui dengan judul Tips Menjawab Soal Pilihan Ganda. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blognyaifal.blogspot.com/2012/07/tips-menjawab-soal-pilihan-ganda.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ifal Pawitikra -

Belum ada komentar untuk "Tips Menjawab Soal Pilihan Ganda"

Posting Komentar

Terima Kasih bagi yang sudah berkomentar,dimohon sering-sering berkunjung ya!

Pengikut