Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.

Penemu Sedotan

Setelah sekian lama gak nulis posting,akhirnya dapet kesempatan untuk nulis nih postingan dari kegiatan yang sangat familiar yaitu MALES.....

Mungkin salah satu dari kita bertanya siapakah penemu sedotan itu yang hasil karyanya yang sangat bermanfaat dan dipakai diseluruh belahan bumi?
Siapakah gerangan?
Ni gue kasih infonya oke

Dimulai dari apakah sedotan itu?
Sedotan merupakan benda yang sangat bermanfaat. Minum susu atau jus teras lebih nikmat dengan sedotan. Selain untuk minum, sedotan pun dapat digunakan untuk bermain balon-balon sabun. Bahkan sedotan dapat dapat digunakan untuk membuat kerajian tangan.Sebelum ditemukannya sedotan buatan, orang menggunakan sedotan dari bahan rumput gandum atau dari bahan gelas.

Lalu siapakah penemu sedotan buatan pertama?Mari kita simak!
Penemu sedotan buatan pertama adalah seorang pemilik pabrik kertas rokok bernama Marvin Stone. Pada tahun 1888, ia menciptakan sedotan berbahan kertas. Sedotan kertas ini dibuat dengan cara yang cukup unik. Kertas digulung pada pensil sehingga membentuk sebuah pipa. 
Selanjutnya kertas ini dilem,akan tetapi, sedotan berbahan kertas tidak tahan terhadap basah. Marvin Stone menyempurnakan penemuannya dengan menggunakan kertas manila yang dilapisi dengan parafin. Terciptalah sebuah sedotan anti air. 
Mervin Stone juga menentukan ukuran ideal untuk sebuah sedotan. Panjangnya 8,5 inci (21,25cm). Diamaternya kira-kira sedikit lebih kecil dari diameter biji lemon, untuk mencegah biji lemon masuk ke dalam sedotan dan tersangkut di dalamnya. Produk ini dipatenkan pada tanggal 3 Januari 1888. Pada tahun 1890, pabriknya lebih banyak memproduksi sedotan daripada kertas rokok. 
Pada tahun 1906 Marvin Stone berhasil menciptakan sebuah mesin pembuat sedotan. Dengan demikian, sedotan tidak lagi dibuat dengan tangan. Pada tahun 1938 Joseph B. Friedman mengembangkan sedotan fleksibel yang dikenal dengan sebutan flexy-straw. Awalnya dia kasihan melihat putrinya yang kesal dengan sedotan sodanya yang bengkok dan menghalangi aliran muniman. Dari situlah dia membuat flexy-straw yang dapat dibengkokkan tanpa menghalangi aliran minuman seperti yang kita temui sekarang.
Pada bagian atas sedotan ada lipatan-lipatan kecil yang dapat dibengkokkan ke segala arah. Joseph B.Friedman juga menilai sedotan ciptaan Marvin Stone masih memiliki kekurangan, diantaranya mudah retak dan kurang bersih. Joseph B.Friedman mengganti bahan sedotannya dengan plastik yang bersih dan tidak mudah rusak. Terciptalah flexy-straw yang kita temui saat ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Perlu anda ketahui dengan judul Penemu Sedotan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blognyaifal.blogspot.com/2012/01/penemu-sedotan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ifal Pawitikra -

4 komentar untuk "Penemu Sedotan"

  1. wah gitu ya....terkadang memang kita tidak mengetahui penemu sesuatu hal, seperti penemu sedotan diatas, walaupun sederhana (maksudnya alatnya) pasti ada yang menemukan sekalian penciptanya...artikel yang bagus..salam gan..

    BalasHapus
  2. @Indonesia Ku:Bener gan walaupun sederhana tapi sangat berguna

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. jadi tahu aku sekarang...hahayyyy...walaupun sepele tapi kadang tak terfikirkan ya bang...hahayyyy

    BalasHapus

Terima Kasih bagi yang sudah berkomentar,dimohon sering-sering berkunjung ya!

Pengikut