Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.

Andy Rooney



                         Andrew Aitken Rooney
AndyRooney.jpg

Lahir
Andrew Aitken Rooney
Nama pena/samaran
Andy Rooney


penulis, pelawak, television personality


Amerika Serikat


Irish



Penghargaan





Emmy award
2003 Lifetime Achievment
1980 "Tanks"
1980 "Grain"
1978 "Who Owns What in America"
1968 "Black History: Lost, Stolen, or Strayed"

Istri

Marguerite Rooney

Anak

Brian, Emily, Martha, Ellen

Andrew Aitken "Andy" Rooney (lahir di Albany, New York, 14 Januari 1919; umur 92 tahun) adalah penulis naskah televisi dan radio Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai komentator yang humoris melalui segmen komentar A Few Minutes With Andy Rooney yang dibawakannya dalam acara 60 Minutes sejak tahun 1978.
Daftar isi
Masa muda
Rooney mulanya menjadi mahasiswa The Albany Academy di Albany, New York sebelum masuk Universitas Colgate di Hamilton, New York. Di kampus, ia menjadi anggota fraternitas Sigma Chi. Pada bulan Agustus 1941, ia masuk dinas ketentaraan. Karier sebagai penulis dimulainya sebagai wartawan surat kabar angkatan bersenjata Stars and Stripes, dan ditugaskan ke medan perang Eropa semasa Perang Dunia II. Pada tahun 1997, ia menerbitkan memoar berjudul My War yang menceritakan pengalamannya sebagai wartawan perang.
Pada bulan Februari 1943, ia menjadi salah seorang dari enam koresponden yang ikut di dalam misi Angkatan Udara Kedelapan Belas di atas Jerman. Sebelum Perang Dunia II berakhir, ia menjadi salah seorang dari jurnalis pertama dari Amerika yang mengunjungi kamp konsentrasi Nazi, dan menulis laporan tentang kunjungannya.
Karier di CBS
Rooney bergabung dengan CBS pada tahun 1949, sebagai penulis naskah acara pemandu bakat Arthur Godfrey's Talent Scouts. Di radio dan televisi CBS, Godfrey waktu itu sedang berada di puncak kariernya. Acara radio dan televisi Arthur Godfrey Time juga ditulis oleh Andy Rooney. Ia kemudian pindah ke acara The Garry Moore Show. Pada waktu itu, ia juga menulis untuk program penerangan CBS News, di antaranya The 20th century.
Menurut biografi Andy Rooney yang ditulis CBS News, "Rooney menulis esai pertamanya untuk televisi pada tahun 1964. Judulnya 'An Essay on Doors', esai yang lebih panjang dibandingkan jenis yang ia tulis untuk 60 Minutes. Dari tahun 1962 hingga 1968, ia bekerja sama dengan koresponden CBS News Harry Reasoner. Rooney menulis dan memproduksi, Reasoner membuat narasi untuk liputan khusus CBS News yang terkenal, seperti: 'An Essay on Bridges' (1965), 'An Essay on Hotels' (1966), 'An Essay on Women' (1967), dan 'The Strange Case of the English Language' (1968). Esai berjudul 'An Essay on War' (1971) menghasilkan Penghargaan Writers Guild yang ketiga untuknya. Naskah yang ditulisnya untuk 'Black History: Lost, Stolen, or Strayed' memenangi Penghargaan Emmy yang pertama baginya."
Pada pertengahan tahun 1970-an, Rooney menulis dan muncul dalam dua acara spesial waktu utama, Mr. Rooney Goes to Dinner dan Mr. Rooney Goes to Washington. Transkrip kedua acara spesial ini diterbitkan sebagai buku "A Few Minutes with Andy Rooney".
 A Few Minutes with Andy Rooney
Segmen A Few Minutes with Andy Rooney yang menjadi penutup setiap acara 60 Minutes dimulai pada tahun 1978 sebagai segmen pengganti di musim panas. Komentar Rooney dipakai sebagai pengganti sementara untuk segmen debat Point/Counterpoint bersama Shana Alexander dan James Kilpatrick. Segmen Rooney terbukti cukup populer di kalangan pemirsa. Mulai musim gugur 1978, segmen A Few Minutes with Andy Rooney ditayangkan dua minggu sekali bergantian dengan segmen debat. Di akhir musim tayang 1978/1979, segmen Point/Counterpoint tidak dibuat lagi.
Dalam segmennya, Rooney menyajikan satire tentang kejadian sehari-hari yang sering dianggap sepele, mulai dari harga barang belanjaan, kerabat yang mengesalkan, hingga hadiah Natal yang buruk. Ia kerap membicarakan berbagai jenis barang, seperti: jenis susu, merek air mineral,merek mobil, maskot tim olahraga, dan lain-lain.
Esai televisi yang dibawakannya telah diterbitkan sebagai buku, di antaranya Common Nonsense (2002) dan Years of Minutes (2003). Ia juga memiliki kolom reguler di sejumlah surat kabar Amerika Serikat. Hingga kini esainya yang telah berjumlah hampir 1.000 judul telah memenangi tiga Penghargaan Emmy. Selain itu, Rooney telah menerima Penghargaan Emmy untuk Pencapaian Seumur Hidup pada tahun 2003.
Kehidupan pribadi
Rooney memiliki empat orang anak (3 putri dan seorang putra). Salah seorang di antaranya adalah Emily Rooney yang menjadi pemandu acara gelar wicara di televisi dan mantan produser di ABC News. Emily memiliki kembar identik bernama Martha yang menjadi Kepala Divisi Layanan, Perpustakaan Nasional Kedokteran (NLM) di Bethesda, Maryland. Anak laki-laki satu-satunya, Brian Rooney bekerja sebagai koresponden ABC sejak tahun 1980-an. Seorang lagi putrinya, Ellen menjadi fotografer di London.
Istrinya selama 62 tahun, Marguerite meninggal dunia pada tahun 2004. Andy Rooney kini tinggal di kawasan Rowayton, Norwalk, Connecticut dan di Rensselaerville, NY..
Bibliografi
Referensi
1.      Wikipedia bahasa Indonesia
2.      Mbah Google
3.      Google insights search

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita dengan judul Andy Rooney. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blognyaifal.blogspot.com/2011/11/andy-rooney.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blog Cerdas -

Belum ada komentar untuk "Andy Rooney"

Posting Komentar

Terima Kasih bagi yang sudah berkomentar,dimohon sering-sering berkunjung ya!

Pengikut